Mengungkap Fakta Mengejutkan Penyebab Berat Badan Cepat Naik

By | Januari 10, 2024

Penyebab berat badan cepat naik merupakan sebuah hal yang di anggap sepele oleh kebanyakan orang. Anda mungkin terkejut setelah mengetahui bahwa ada berbagai penyebab tersembunyi dibalik fenomena yang membuat frustasi tersebut. Disini kami akan mengungkap fakta kenaikan berat badan secara cepat yang mungkin belum Anda pertimbangan. Salah satu penyebab diabaikan yaitu stres. Saat stres tubuh seseorang melepaskan hormon disebut kortisol, bisa menyebabkan penambahan berat badan. Penyebab lainnya adalah kurangnya jam tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mengganggu hormon penanggung jawab mengatur nafsu makan, sehingga nafsu makan meningkat. Selain itu, mengonsumsi obat-obatan tertentu, ketidakseimbangan hormon, bahkan usus tidak sehat juga menjadi salah satu meningkatkan bobot tubuh. Oleh karena itu, disini akan kami bahas semua penyebab berat badan cepat naik.

Penyebab Berat Badan Cepat Naik

Faktor Paling Umum Penyebab Berat Badan Cepat Naik

Seperti dikutip dari berita terbaru, penyebab paling umum terlintas dalam pikiran sering kali berkaitan bersama pola makan juga kurang olahraga. Mengonsumsi makanan tinggi makanan olahan, gula rafinasi, sama lemak tidak sehat bisa berkontribusi terhadap penambahan bobot tubuh. Selain itu, tidak melakukan aktivitas fisik secara teratur dapat menyebabkan kelebihan kalori kita konsumsi disimpan sebagai lemak. Berikut penjelasan lebih lengkap dari faktor umum tersebut:

  • Stres

Salah satu penyebab diabaikan adalah stres. Saat stres, tubuh kita melepaskan hormons disebut kortisol. Meskipun kortisol penting untuk kelangsungan hidup, stres kronis dapat menyebabkan kelebihan produksi hormon ini, dapat menyebabkan bertambahnya bobot badan. Kortisol meningkatkan nafsu makan sama meningkatkan penyimpanan lemak, terutama lemak visceral mengelilingi organ kita.

  • Kurang Tidur

Sebab selanjutnya adalah kurangnya waktu tidur. Ketika hormon tidak seimbang, hal ini dapat menyebabkan meningkatnya keinginan mengidam, terutama terhadap makanan berkalori tinggi juga bergula. Selain itu, kurang tidur dapat memengaruhi tingkat energi kita, sehingga mempersulit aktivitas fisik serta membakar kalori.

  • Pengobatan Tertentu

Penting untuk menyadari bahwa obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan penambahan berat badan dengan cepat. Obat-obatan seperti antidepresan, antipsikotik, kortikosteroid, dan pil KB bisa mengubah metabolisme dan nafsu makan kita, sehingga menyebabkan penambahan berat badan.

  • Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormonal, seperti tiroid kurang aktif (hipotiroidisme) atau sindrom ovarium polikistik (PCOS), mengganggu mekanisme pengaturan berat badan alami tubuh. Kondisi ini memengaruhi metabolisme, sensitivitas insulin, dan produksi hormon, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

  • Usus Tidak Sehat

Kesehatan usus memainkan peran penting dalam kesejahteraan kita secara keseluruhan, termasuk pengelolaan berat badan. Usus tidak sehat menyebabkan peradangan, masalah pencernaan, juga ketidakseimbangan bakteri usus, memengaruhi metabolisme cara tubuh kita memproses makanan. Mengambil langkah-langkah meningkatkan kesehatan usus, seperti memasukkan probiotik, mengurangi makanan olahan, dan meningkatkan asupan serat, dapat meningkatkan berat badan yang sehat.